Genre Historical Romance dalam Novel dan Film

Detail of 'Gone: An Historical Romance of a Civil War as it Occured b'tween the Dusky Thighs of One Young Negress and Her Heart' (1994) (Karen Walker)
Dearest Readers,

Belakangan ini aku menemukan genre baru dalam novel yang sering kubaca, yaitu Historical Romance atau kadang biasa juga disebut disebut Regency. Historical Romance termasuk kedalam kategori fiksi dengan setting Inggris dimasa lalu, tepatnya pada awal abad 19 yang biasa disebut era Regency England

Genre ini sangat menarik. Aku menemukan banyak hal dari genre ini. Aku menemukan sistem kasta di Inggris, bagaimana kerajaan berjalan di Inggris, banyaknya kastil-kastil besar, London sebagai pusat kota dimana para bangsawan melakukan debutnya di kalangan sosial, penggunaan kereta kuda sebagai alat transportasi, dan lain sebagainya.

It's all very strange, interesting, and fascinating for me.


Tapi...
Eits, hati-hati.
Genre ini biasanya ditujukan untuk dewasa dengan umur 19+ atau setidaknya 17+. Dan karena aku sudah berumur 19 tahun dan sedang cuti semester 4 dari kampusku tercinta, I'm legal and free to read this genre. Memang benar bahwa ternyata semakin tua orang, seleranya juga semakin berubah. Dulu aku sangat suka genre Science Fiction seperti The Hunger Games trilogy, The Maze Runner trilogy, dan Divergent trilogy. Sekarang aku lebih tertarik pada buku-buku yang lebih menekankan romance, dengan lebih banyak drama. Padahal dulu aku lebih menyukai sesuatu yang thrilling dan tidak begitu menyukai drama... well, it's ironic, i know, but it's true.

Cerita dalam genre ini biasanya berisi tentang romantisme masa lalu di Inggris, dimana "Class System"/Hierarki/Kasta di Inggris masih sangat kental keberadaannya. Terutama tentang bangsawan di Inggris atau biasa disebut Peerage England. Peerage England ini terdiri atas Duke, Marquess, Earl, Viscount, dan Baron yang memiliki tempat dalam kerajaan Inggris. Selain Peerage England terkadang dalam Historical Romance ini terdapat pula Peerage Scotland, dengan title yang hampir sama dengan Peerage England.

Selain dari sistem hierarki tersebut, pada jaman ini biasanya hanya pria dan terutama bangsawan atau gentlemen yang boleh bersekolah. Wanita ataupun pria kalangan rendah biasanya hanya menjadi pelayan di rumah bangsawan, dan sebagainya. Kalangan menengah biasanya menjadi governess atau guru pribadi bagi bangsawan, tenant bagi para bangsawan, vicar, dan lain sebagainya. Kalangan atas biasanya terdiri dari para heiress, baronet, gentlemen (anak, dan keluarga bangsawan yang bukan merupakan heir untuk kebangsawanan), dan sebagainya. Sedangkan yang lainnya terdiri dari keluarga "Aristocrat" yang menjadi topik favorit bagi para penulis Genre ini.

Pertama kali aku membaca genre ini yaitu ketika aku menemukan buku berjudul "The Prince and I" karangan Karen Hawkins.

Sejak saat itu aku tidak bisa berhenti. I'm hooked. Aku membaca semua buku karangan Karen Hawkins. Sekarang my conquest adalah untuk membaca semua buku karangan Julia Quinn (Sudah hampir selesai! Yay! Tinggal The Bridgertons Series sekarang). Setelah itu aku berencana untuk membaca semua buku karangan Lisa Kleypas... Seriously, I'm hooked.

Selain membaca novel, aku juga mulai menonton film-film dengan setting era Regency England ini, untuk memperdalam imajinasiku saat membaca buku-buku Historical Romance. Film yang pertama kali kutonton, tentu saja.....
jengjengjeng......
The ever legendary Pride&Prejudice (2005)
PRIDE&PREJUDICE!! VERY RECOMMENDED INDEED

Very Good. Excellent Plot. Very Witty and Romantic. Excellent Costume. Memperlihatkan dengan baik era Regency England. Pokoknya perfect untuk readers yang penasaran tentang genre ini, tapi males baca novel. Sebenernya ada bukunya juga, tapi aku lebih suka filmnya. Bener deh, wajib tonton. Selain Pride & Prejudice, film lain yang aku rekomendasikan yaitu Becoming Jane (2007) dan Jane Eyre. Aku juga sedang dalam conquest untuk menyelesaikan Anna Karenina (1997) dan Sense and Sensibility (1995) and get past their old quality and get done with it. Well, get done with it when the mood strikes.

So..
What do you think about Historical Romance??
I hope you readers find it interesting because I sure am

After this I'm gonna write a review and recommendation about historical romance. So please stay tuned!!

Comments

Popular posts from this blog

Laporan Praktikum Koloid Pudding

Resensi Novel Sangga Langit