8 Universitas Top di Amerika Serikat (Ivy League Universities)


Pernah dengar julukan Ivy League? Untuk kamu-kamu yang memimpikan kuliah di tempat yang "kece" di luar negeri, kamu pasti sudah pernah mendengar apa itu Ivy League Universities. Kalau belum pernah, ya ampun, seriously? really? Untuk kalian yang belum tau, saya kasih tau deh apa itu Ivy League Universities.
          Ivy League Universities adalah sebuah asosiasi yang terdiri dari 8 Institusi Privat yang berada di sebelah Timur Laut Amerika Serikat. Ke delapan institusi itu adalah Brown University, Columbia University, Cornell University, Dartmouth College, Harvard University, Princeton University, the University of Pennsylvania, dan Yale University. Istilah "Ivy League" sendiri mempunyai konotasi kesempurnaan akademis dan elitisme akademis. Anggotanya juga sering disebut Ancient Eight (Delapan Sekolah Lama), karena universitas-universitas yang disebutkan di atas adalah universitas-universitas yang telah lama berdiri di Amerika Serikat.
           Seluruh anggota dari Ivy League ini mempunyai ciri-ciri yang umum: mereka adalah universitas-universitas yang paling prestigius di AS dan hampir selalu berada di peringkat teratas dalam daftar universitas top AS; mereka juga adalah bagian dari universitas-universitas dengan pendapatan keuangan terbesar di dunia. Dari universitas-universitas inilah hampir 80% riset mengenai teknologi yang berkembang saat ini ditemukan dan juga banyak sekali ilmuannya yang telah meraih penghargaan nobel di berbagai bidang ilmu pengetahuan.
          Selain itu, jumlah mahasiswa sarjananya juga lumayan kecil di kedelapan universitas tersebut, antara 4.100 untuk Darmouth dan 13.700 untuk Cornell. Mereka semuanya berlokasi di sebelah timur laut AS dan kesemuanya didirikan pada zaman kolonial AS kecuali Cornell.
          Anggota Ivy League semua merupakan universitas swasta, kecuali Cornell yang adalah setengah swasta.
          Berikut adalah pengenalan dari ke-8 universitas tersebut.

1. Brown University


Terletak di Providence Rhode Island, Brown University memiliki akses mudah ke Boston dan New York City. Universitas ini sering dianggap paling liberal Ivies, dan terkenal dengan kurikulum yang fleksibel di mana siswa merancang studi akademis mereka sendiri dengan lebih dari 70 program konsentrasi untuk mereka pilih. Brown, seperti Dartmouth College, lebih menekankan pada studi sarjana daripada di pusat-pusat penelitian seperti Columbia dan Harvard. Tawaran lain yang unik dari lembaga swasta Ivy League di Providence, RI ini adalah Program Pendidikan Kedokteran di Liberal, yang memberikan kedua gelar sarjana dan gelar dokter dalam delapan tahun.
Lokasi : Province, Rhode Island

Nama Panggilan Atletik : Bears (Beruang)
Motto : In Deo Speramus (In God We Hope)
Biaya Administrasi (2013-14) : $45.612
Penerimaan : 6.435

2. Columbia University


Siswa yang kuat mencintai lingkungan perkotaan harus mempertimbangkan kuliah di Columbia University. Lokasi sekolah di sebelah atas Manhattan berada tepat di jalur kereta bawah tanah, sehingga siswa memiliki akses mudah ke seluruh Kota New York. Perlu diingat bahwa Columbia adalah lembaga penelitian, dan hanya sekitar sepertiga dari 26.000 mahasiswa yang dapat wisuda. Columbia University memiliki tiga sekolah sarjana: Columbia College, The Fu Foundation School of Engineering and Applied Sciences (SEAS), dan the School of General Studies. Ivy League swasta ini menjamin siswa perumahan untuk semua empat tahun di kampus di kawasan Morningside Heights Manhattan di New York City.

Lokasi : New York City, New York
Nama Panggilan Atletik : Lions (Singa)
Motto : In lumine Tuo videbimus lumen (In Thy light shall we see the light)
Biaya Administrasi (2013-14) : $49.138
Penerimaan : 6.068

3. Cornell University


Cornell memiliki populasi sarjana terbesar dari semua Ivies, dan Universitas ini juga memiliki kekuatan dalam berbagai disiplin ilmu. Kamuu harus bersedia untuk mentolerir beberapa hari musim dingin jika kamu menghadiri Cornell, tapi lokasi di Ithaca, New York, sangatlah indah. Kampus bukit menghadap Danau Cayuga, dan kamu akan menemukan ngarai yang menakjubkan memotong melalui kampus. Universitas ini juga memiliki struktur administrasi yang paling kompleks di antara universitas ternama karena beberapa program yang disimpan dalam unit hukum yang didanai negara.


Lokasi : Ithaca, New York
Nama Panggilan Atletik : Big Red
Motto : I would found an institution where any person can find instruction in any study.
Biaya Administrasi (2013-14) : $45.359
Penerimaan : 14.261

4. Darthmouth College

Hanover, New Hampshire, adalah kota perguruan New England klasik, dan Dartmouth College mengelilingi kota hijau yang menarik. Perguruan tinggi ini (benar-benar sebuah universitas) adalah yang terkecil dari Ivies, namun masih dapat membanggakan luasnya jenis kurikuler yang dapat kita temukan di sekolah-sekolah lain di daftar ini. Atmosfernya, bagaimanapun, memiliki perasaan sekolah liberal yang lebih daripada yang akan anda temukan dari salah satu universitas top lainnya. Dartmouth College menggunakan tempat, bukan semester, untuk membagi tahun ajaran. Di antara lebih dari 300 organisasi, mahasiswa di Dartmouth kebanyakan memilih Outing Club, klub perguruan bangsa tertua dan terbesar dari jenisnya, yang menawarkan kegiatan di luar ruangan, ekspedisi, penyewaan peralatan, dan kursus.


Lokasi : Hanover, New Hampshire
Nama Panggilan Atletik : Big Green
Motto : Vox clamantis in deserto (The voice of one crying in the wilderness)
Biaya Administrasi (2013-14) : $46.752
Penerimaan : 4.193

5. Harvard University

Untuk lebih baik atau lebih buruk, Harvard University hampir selalu bertengger di puncak peringkat perguruan tinggi nasional, dan sumbangannya adalah yang terbesar dari setiap institusi pendidikan di dunia. Semua sumber daya tersebut membawa beberapa fasilitas: siswa dari keluarga dengan pendapatan sederhana dapat menghadiri secara gratis, utang pinjaman jarang, fasilitas canggih, dan fakultas terkenal di dunia akademisi dan ilmuwan. Lokasi universitas di Cambridge, Massachusetts, membuatnya mudah berjalan ke sekolah-sekolah baik lainnya seperti MIT dan Boston University.


Lokasi : Cambridge, Massachusetts
Nama Panggilan Atletik : Crimson
Motto : Veritas (Truth)
Biaya Administrasi (2013-14) : $42.292
Penerimaan : 6.658

6. Princeton University

Dalam News & World Report AS dan peringkat nasional lainnya, Princeton University sering kali seimbang dengan Harvard untuk tempat teratas. Namun kedua sekolah ini sangat berbeda. Kampus Princeton 500-acre yang menarik ini terletak di sebuah kota dari sekitar 30.000 orang, dan pusat-pusat kota Philadelphia dan New York City masing-masing sekitar satu jam jauhnya. Dengan hanya lebih dari 5.000 mahasiswa dan sekitar 2.600 mahasiswa pascasarjana, Princeton memiliki lingkungan pendidikan yang jauh lebih intim daripada banyak universitas top lainnya.


Lokasi : Princeton, New Jersey
Nama Panggilan Atletik : Tigers
Motto : Dei sub numine viget (Under God's power she flourishes)
Biaya Administrasi (2013-14) : $40.170
Penerimaan : 5.336

7. University of Pennsylvania

Universitas milik Benjamin Franklin, Penn, sering dibingungkan dengan Penn State, tetapi keduanya memiliki beberapa kesamaan. Kampus ini terletak di sepanjang Sungai Schuylkill di Philadelphia, dan Pusat Kota dekat, hanya berjalan kaki singkat. The University of Pennsylvania Wharton School ini bisa dibilang sekolah terkuat dari bisnis di negara ini, dan banyak lainnya sarjana dan program pascasarjana tempat yang tinggi di peringkat nasional. Dengan hampir 12.000 mahasiswa dan mahasiswa pascasarjana, Penn adalah salah satu dari sekolah Ivy League terbesar. Siswa dapat belajar di salah satu dari empat sekolah yang memberikan gelar sarjana: Arts and Sciences, Keperawatan, Teknik dan Ilmu Terapan, dan Wharton.


Lokasi : Philadelphia, Pennsylvania
Nama Panggilan Atletik : Quakers
Motto : Leges sine moribus vanae (Laws without morals are useless)
Biaya Administrasi (2013-14) : $45.890
Penerimaan : 9.682

8. Yale University

Seperti Harvard dan Princeton, Yale University sering menemukan dirinya berada di dekat bagian atas peringkat universitas nasional. Lokasi sekolah berada di New Haven, Connecticut, memungkinkan siswa Yale untuk sampai ke New York City atau Boston dengan mudah melalui jalan darat atau kereta api. Sekolah memiliki rasio 5 banding 1 siswa / fakultas mengesankan, dan penelitian dan pengajaran yang didukung oleh sumbangan dari hampir $ 20 miliar.
Lokasi : New Heaven, Connecticut
Nama Panggilan Atletik : Bulldogs
Motto : Lux et veritas (Light and truth)
Biaya Administrasi (2013-14) : $44.000
Penerimaan : 5.405

Nah, sekarang sudah tau kan apa itu Ivy League Universities itu apa. Kalau jadi lulusan dari universitas-universitas di atas kan bakal keren tuh :D Let's try harder!!

Comments

Popular posts from this blog

Laporan Praktikum Koloid Pudding

Resensi Novel Sangga Langit